11 Penyebab Klaim Asuransi Motor Hilang Ditolak

Melengkapi motor dengan asuransi jelas bisa membuat tenang pemilik kendaraan tersebut. Dengan adanya asuransi maka setiap biaya perbaikan motor tidak perlu terlalu dipikirkan, terlebih jika mengalami kerusakan parah karena berbagai sebab.

Namun jangan terlalu puas dulu karena ada beberapa penyebab klaim asuransi motor hilang ditolak. Agar klaim asuransi tetap bisa didapatkan, kenali dulu beberapa penyebab yang bisa menyebabkan penolakan.

Penyebab Klaim Asuransi Ditolak

Langsung saja simak beberapa penyebab klaim asuransi bisa ditolak di bawah ini.

  1. Tanpa kepemilikan SIM

SIM merupakan surat wajib yang harus dimiliki oleh pengendara. Tanpa adanya SIM juga sudah termasuk pelanggaran hukum yang akan membuat klaim ditolak oleh pihak asuransi.

  1. Motor digunakan untuk keperluan lain

Jika ketahuan bahwa motor digunakan untuk keperluan lain yang tidak terdaftar sebelumnya, sangat besar kemungkinan klaim akan ditolak. Dalam mengikuti asuransi ada perjanjian di mana kendaraan hanya digunakan untuk keperluan tertentu. Jadi jika ternyata kendaraan digunakan untuk kepentingan lain maka jelas sudah melanggar perjanjian.

  1. Memodifikasi motor

Jika ingin memodifikasi motor, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan pihak asuransi sehingga tahu apakah masih bisa di-cover atau tidak. Namun biasanya motor yang sudah dimodifikasi bisa membahayakan keselamatan karena sudah tidak standar lagi. Bisa saja pihak asuransi akan menolak klaim karena menganggap motor sudah tidak layak pakai.

  1. Parkir sembarangan

Parkir sembarangan bisa jadi salah satu dari beberapa penyebab klaim asuransi motor hilang ditolak. Pihak asuransi jelas berhak menolak karena pemilik sudah melanggar aturan lalu lintas. Jadi perhatikan sekitar sebelum memarkirkan kendaraan apakah ada rambu larangan parkir atau tidak.

  1. Nama tidak tercantum di polis

Biasanya pihak asuransi hanya akan menyetujui klaim jika yang mengajukan sudah mencantumkan namanya dalam polis. Jadi bisa saja pihak asuransi menolak klaim di luar nama yang sudah tercantum.

  1. Lewat batas masa berlaku polis

Sebelum mengajukan klaim, lihat dulu masa berlaku polis. Jika masa berlaku sudah lewat maka bisa dipastikan pihak asuransi akan menolak meski yang terjadi masuk dalam kategori terjamin.

  1. Melewati batas waktu pengajuan

Beberapa penyebab klaim asuransi motor hilang ditolak lainnya adalah batas waktu pengajuan yang sudah terlewati. Kenali batas waktu kapan klaim bisa diajukan. Jika sudah melewati maka siap-siap saja mendapat penolakan. Lebih baik langsung hubungi pihak asuransi jika terjadi sesuatu.

  1. Kurangnya dokumen

Jelas sekali bahwa dokumen juga sangat penting saat pengajuan klaim dilakukan sebagai persyaratan administratif. Jika terganggu tidak bisa menunjukkan dokumen secara lengkap seperti yang sudah disyaratkan, maka sangat wajar kalau pihak asuransi tidak akan memprosesnya atau malah menolak klaim.

  1. Melanggar lalu lintas

Dalam polis sudah jelas dicantumkan bahwa asuransi tidak akan menanggung resiko jika pengendara sudah melanggar aturan lalu lintas. Mudahnya seperti menerobos lampu lalu lintas, masuk ke jalur yang tidak semestinya, hingga melanggar aturan lain. Pihak asuransi bisa beralasan bahwa pengendara tidak memenuhi syarat karena sudah ugal-ugalan dalam berkendara.

Jangan lupa untuk membaca dan memahami apa yang tercantum di dalam polis sehingga tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Jangan sampai ada kejadian seperti beberapa penyebab klaim asuransi motor hilang ditolak oleh pihak asuransi. Selain itu, taati setiap aturan dalam berkendara demi keselamatan.