Hitung Asuransi Motor Kredit Hilang Adira

Hilangnya sepeda motor jelas menjadi salah satu hal yang tidak diinginkan oleh para pemilik kendaraan bermotor. Apalagi kalau motor tersebut masih dalam proses kredit.

Bagi Anda yang ingin tetap merasa nyaman atau agar tidak khawatir dengan kendaraan yang Anda miliki, Anda bisa mengasuransikannya. Tentu saja ada perhitungan asuransi motor kredit hilang Adira yang harus Anda ketahui.

Asuransi Motor Kredit Hilang

Upaya pencegahan saja tidaklah cukup dalam memberikan rasa nyaman. Dengan begitu, asuransi jadi pilihan yang tepat dalam memberikan rasa nyaman.

Jika membeli dengan cara kredit, premi asuransi biasanya sudah termasuk di dalam pembelian. Dengan asuransi tersebut maka Anda dan juga pihak leasing akan terhindar dari kerugian.

Dalam asuransi ada 2 pilihan, Total Lost Only (TLO) dan All Risk. Berikut ini penjelasannya:

 

  1. Total Lost Only

TLO sangat cocok bagi para pemilik motor dengan harga di bawah 30 juta rupiah. Dengan asuransi ini maka motor yang hilang bisa tetap diganti. Begitu juga dengan kerugian yang diakibatkan oleh kecelakaan, namun dengan syarat bahwa tingkat kerusakannya mencapai 75% lebih. Sedangkan premi yang ada terbilang kecil sehingga masih ada lebihan yang digunakan untuk keperluan lainnya.

  1. All Risk

All Risk bisa dipilih untuk motor dengan harga 30 juta ke atas. Hal tersebut dikarenakan adanya potensi kerugian yang besar bagi pemilik motor. Dengan asuransi ini maka motor bisa terlindungi dari berbagai resiko seperti hilang, lecet, rusak berat, dan lain sebagainya.

Bahkan terdapat tambahan asuransi, yaitu asuransi jiwa. Namun premi yang harus dibayar lumayan besar karena memang banyak manfaat di dalamnya. Tentu saja premi dihitung berdasarkan jumlah pendapatan.

Premi dan Klaim

Selanjutnya mengenai premi dan klaim dari perhitungan asuransi motor kredit hilang Adira. Dimaksudkan agar Anda bisa menghitung pengeluaran untuk premi sehingga asuransi bisa didapatkan.

  1. Premi

Berikut ini contoh perhitungan premi dan juga penggantian klaim asuransi motor kredit yang hilang baik All Risk maupun TLO.

2.5% x harga OTR motor + biaya administrasi:

2.5% x Rp 25.0000.000 = Rp 625.000 + Rp 30.000 (biaya administrasi) = Rp 655.000

Premi tersebut harus dibayarkan per tahun dan disesuaikan dengan rentang waktu pembayaran cicilan.

  1. Klaim

Klaim dari perhitungan asuransi motor kredit hilang Adira adalah sebagai berikut.

Harga OTR motor – nilai penyusutan per tahun x harga OTR motor:

Rp 25.000.000 – (10% x Rp 25.000.000) = Rp 22.500.000

Kita tidak tahu apa yang nanti terjadi, terutama pada kendaraan yang dimiliki. Karena itu, langkah antisipasi sangatlah penting untuk dilakukan agar tetap bisa merasakan kenyamanan dan terhindar dari kerugian.

Karena itu, jangan lupa untuk mengasuransikan kendaraan yang dimiliki, terutama motor. Tidak perlu khawatir mengenai motor yang didapatkan secara kredit karena tetap bisa mendapatkan klaim. Tapi tetap lakukan konsultasi dengan pihak asuransi mengenai proses klaim yang perlu dilakukan sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Pilih asuransi yang tepat sehingga motor yang Anda miliki tetap aman dan Anda juga terhindar dari kerugian. Pilih asuransi yang sudah terpercaya sehingga klaim yang Anda ajukan bisa memberikan kenyamanan di dalamnya.

Jangan lupa untuk selalu melakukan perhitungan asuransi motor kredit hilang Adira sehingga Anda tahu berapa besarnya yang Anda dapatkan dari proses klaim motor yang hilang tersebut