Ini 5 Pertanyaan Umum Survey Kredit Bank

Hal yang paling sering terpikirkan oleh seseorang yang sedang mengajukan dana pinjaman adalah tentang pertanyaan umum survey kredit bank. Pantas saja, karena memang tahap survey adalah tahap paling penting dalam sebuah proses pengajuan kredit, baik itu di bank, di leasing, atau di perusahaan finance lainnya.

Dan tentu saja ketika Anda sudah memulai tahap awal yaitu pengajuan kredit, maka masuk ke tahap selanjutnya adalah tahap survey. Di mana seorang surveyor akan datang menemui Anda untuk melakukan secara langsung.

Apakah Anda layak menerima kredit atau pinjaman atau tidak. Hal inilah yang nantinya akan sangat menentukan apakah kredit Anda akan di acc atau tidak.

Inilah Beberapa Pertanyaan Umum Saat Survey Kredit Bank

Tentu saja selama proses survey tersebut akan ada banyak pertanyaan yang akan diajukan oleh seorang surveyor kepada Anda. Mulai dari pertanyaan paling dasar hingga pertanyaan penting dan kadang menjebak.

Yang nantinya bisa membuat Anda menjadi semakin bisa meyakinkan pihak perusahaan atau bank untuk memberikan kredit atau justru sebaliknya.

Kurang lebih berikut ini adalah poin-poin penting yang jadi pertanyaan umum survey kredit bank selama melakukan survey langsung kepada Anda sebagai pemohon pinjaman atau kredit :

  1. Pertanyaan seputar status Anda baik itu status pekerjaan maupun status tempat tinggal. Pertama surveyor akan menanyakan apa pekerjaan Anda. Apakah sebagai karyawan atau sebagai wiraswasta.

  2. Jika Anda berstatus karyawan maka selanjutnya surveyor akan menanyakan sudah berapa lama Anda bekerja di perusahaan sekarang, berapa gaji pokok dan gaji total Anda setiap bulan. Sedangkan jika Anda adalah wiraswasta, Anda akan ditanya soal pendapatan rata-rata tiap bulan. Keuntungan yang Anda peroleh, dan sebagainya.

  3. Selanjutnya adalah tentang tanggungan Anda. Berapa dan siapa saja yang menjadi tanggungan Anda, serta apakah penghasilan Anda sebanding dengan kebutuhan harian Anda. Dari sini surveyor akan menilai apakah Anda sekiranya mampu membayar angsuran setiap bulannya

  4. Hal lainnya adalah seputar status tempat tinggal Anda. Apakah Anda masih berstatus kontrak, atau tempat tinggal sendiri.

Kurang lebih demikianlah pertanyaan umum survey kredit bank yang akan diajukan ketika Anda sedang mengajukan pinjaman ke bank atau perusahaan finance lainnya. Selama proses survey ini sebaiknya Anda membeberkan semua keterangan sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya. Karena nantinya juga bank akan mengkroscek kebenaran data yang Anda berikan.

Jika sampai diketahui bahwa data yang Anda berikan adalah tidak sesuai atau tidak benar, maka bisa jadi justru ajuan pinjaman Anda tidak di acc atau tidak disetujui.

Maka dari itu bisa dikatakan mengapa proses survey ini menjadi sangat penting dan menentukan bagaimana kelanjutan proses pengajuan pinjaman yang Anda lakukan. Surveyor yang memberikan pertanyaan umum survey kredit bank juga memiliki peran penting terhadap keputusan bank nantinya.

Saran saja untuk Anda yang sedang hendak melakukan pengajuan pinjaman ke bank, pastikan bahwa Anda juga sanggup untuk melunasi dan membayar semua angsuran sesuai yang sudah ditetapkan.

Karena ini akan sangat berpengaruh terhadap kemudahan Anda jika akan mengajukan pinjaman selanjutnya. Jika Anda sudah memiliki riwayat buruk soal perkreditan, misalnya Anda pernah tercatat sering telat membayar angsuran, atau Anda justru tidak bisa melunasi hutang dan angsuran menumpuk, maka ini justru akan memberikan corengan buruk terhadap nama Anda di mata bank dan perusahaan leasing.

Jadi begitulah kurang lebih pembahasan seputar pertanyaan umum survey kredit bank yang mungkin akan membantu Anda.